husnil91

Just another WordPress.com site

macam-macam BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

on March 20, 2011

macam-macam BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)
Pengertian BUMS : BUMS adalah badan usaha yang seluruh modalnya berasal dari pihak swasta yang dimiliki seseorang atau beberapa orang. BUMS bertujuan untuk mencari keuntungan seoptimal mungkin, untuk mengembangkan usaha dan modalnya serta membuka lapangan pekerjaan. Selain berperan dalam menyediakan barang, jasa, badan usaha swasta juga membantu pemerintah dalam usaha mengurangi pengangguran serta memberi kontribusi dalam pemasukkan dana berupa pajak.

BUMS memiliki beberapa bentuk, yaitu :
1. Perusahaan Perseorangan Suatu bentuk badan usaha yang seluruh modal dan tanggung jawabnya dimiliki oleh seseorang secara pribadi. Jadi, semua resiko dan kegiatan usaha menjadi tanggung jawab penuh pengusaha. Contoh : Penginapan, penggilingan padi, toserba, restoran. Untuk mendirikan perusahaan perseorangan tidak ada undang – undang yang mengatur secara khusus. Namun untuk beberapa jenis usaha, perusahaan perseorangan baru boleh melakukan aktivitasnya setelah mendapatkan izin dari pemerintah daerah setempat.
Keunggulan perusahaan perseorangan: Pemilik bebas mengatur perusahaan sesuai dengan pandangannya. Akibatnya pemilik dituntut untuk untuk kreatif dan giat bekerja. Semua keuntungan bisa dinikmati sendiri. Rahasia perusahaan bisa lebih terjamin. Saat menghadapi masalah, pemilik dapat mengambil keputusan dengan cepat. Pemilik tidak perlu bermusyawarah karena hanya dialah yang mempunyai wewenang untuk memutuskan. Kelemahan perusahaan perseorangan: Kemampuan tenaga dan modal terbatas karena hanya didirikan oleh seorang diri. Kesinambungan badan usaha perseorangan kurang terjamin karena hanya tergantung pada pemilik tunggal. Segala tanggung jawab dan resiko badan usaha perseorangan dipikul sendiri, dengan jaminan seluruh harta.

2.Firma Suatu persekutuan antara 2 orang atau lebih yang menjalankan usaha dengan 1 nama dan bertujuan untuk membagi hasil yang diperoleh dari persekutuan itu. Biasanya orang – orang yang mendirikan Firma adalah orang – orang yang memiliki hubungan keluarga. Pendiriannya dilakukan di hadapan notaris dengan membuat akta pendirian sebagai bukti tertulis. Firma lebih baik daripada perusahaan perseorangan sebab memiliki modal lebih besar dan dikelola lebih dari 1 orang. Contoh : konsultan hukum dan pengacara

Tabel keuntungan dan kelemahan Firma :
Tabel keuntungan dan kelemahan Firma Kerugian akibat perbuatan salah seorang pemilik ditanggung juga oleh pemilik lain karena semua risiko firma ditanggung bersama Kalau ada perbedaan pandangan di antara pemilik, ada kemungkinan timbul perselisihan dalam keadaan seperti itu, firma sulit mengambil keputusan karena tidak adanya kesepakatan di antarapara pemiliknya Kelangsungan firma lebih terjamin karena tidak tergantung pada seseorang saja Dapat dilakukan pembagian kerja dalam kepemimpinan, sesuai dengan kecakapan para pemilik. Dapat menumpulkan modal yang lebih besar. Risiko firma tidak hanya ditanggung seorang diri, melainkan ditanggung bersama oleh para pemilik.

3. Persekutuan Komanditer (CV) CV singkatan dari Commanditaire Vennotschaap yang berasal dari Bahasa Belanda, dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan istilah persekutuan komanditer. Persekutuan Komanditer adalah suatu persekutuan yang terdiri atas beberapa orang yang menjalankan usaha dan beberapa orang hanya menyerahkan modal saja.
Orang yang terlibat dalam CV ini disebut sekutu. Ada 2 jenis sekutu dalam CV yaitu, : 1.) Sekutu aktif / komplementer yaitu sekutu yang menjalankan / memimpin suatu perusahaan. 2.) Sekutu pasif / komanditer Sekutu yang memercayakan modalnya kepada sekutu aktif dan tidak bertanggung jawab menjalankan usahanya.

4. Persekutuan Terbatas (PT) Pt adalah suatu persekutuan antara 2 orang / lebih yang menjalankan usahanya dengan modal yang diperoleh dari pengeluaran saham. Saham adalah tanda pernyataan modal pada PT. Pemegang saham / persero bertanggung jawab terbatas, hanya sebesar modal yang ditanam. Keuntungan bagi persero diberikan dalam bentuk dividen : Pengolahan PT diserahkan kepada dewan direksi Dalam menjalankan tugasnya, dewan direksi diawasi oleh dewan komisaris.
Komponen yang memegang kekuasaan tertinggi dalam PT adalah Rapat Umum Pemegang Saham(RUPS). Dlm RUPS,ditentukan bagaimana kegiatan badan usaha akan dijalankan, mengangkat, memberhentikan direksi & dewan komisaris serta mengatur pembagian dividen untuk para peserta. Berdasarkan sahamnya PT dibedakan menjadi 2. yaitu :

1.PT tertutup Saham dalam PT ini sifatnya terbatas, jumlahnya tidak banyak & pemegang saham biasanya saling mengenal. Biasanya hal ini ditujukan agar kekayaan badan usaha tidak jatuh ke tangan orang lain.

2. PT terbuka Dalam PT ini, sahamnya terdaftar di bursa efek. Saham dapat dimiliki oleh masyarakat umum & pemegang saham tidak harus mengenal. PT biasanya menuliskan singkatan Tbk (terbuka) di belakang nama perseronya

About these ads

25 responses to “macam-macam BUMS (Badan Usaha Milik Swasta)

  1. hilmi amanullah says:

    gimana sich orang mw nyarik modal bums malah keluar bumn…………….
    jd ribet dech………..

  2. husnil91 says:

    wew, sumpe lo..
    napa marah di blog, mata lu tu yang katarak…gag bisa baca lu…tu BUMS, gag bumn..goblok dipelihara…!!! damn!!!

  3. syifa rusydina says:

    makasih buat artikelnya :)

  4. vie says:

    hilmi tolol baca yang betul BEGOK itu BUMS Not BUMN CCD LOE BODAT

  5. thanks artikelnya.. sekalian dong contoh contohnya..

  6. Ican Shavira says:

    Thanks ya artikelnya, sangat membantu

  7. nurul says:

    terima kasih atrikel nya :)
    sudah membantu tugas ips saya

  8. Aisyah says:

    Tolong dong sekalian di kasih conto”a
    mksh seblm’a:)

  9. abed says:

    mungkin maksud hilmi nyari bums di google keluarnya bumn, ane juga gitu btw thx kk buat artikelnya

  10. nisrina says:

    kalo BMUS d kota magelang it ap aja sih?

  11. marisyah putri says:

    thanks artikel nya…
    sngat mmbantu…..
    tlong donk kak bwt contoh nya,

  12. ipul says:

    mikum, sy pnya usaha konter dr pertam sy pnya modal 8 jt, blum kontrakan1 thn 6,5 jt, sisa duit 1,5 jt, dr awal sy g tw tmodal sy dikit, sy hrus ngembangin’y kya gmn… v alhamdulilah semenjak sy jlanin konter, konter sy berkembang…

  13. hengky hernandez says:

    kurank bnyak cntoh.a om!

  14. ivan says:

    maaf….ini artikel nya kurang lengkap…

  15. ihgilailmam says:

    makasih om,
    ngebantu buat ulangan besok. wkwkw…

  16. Sofi SMP Jiger says:

    Mkasihhh ea, krna artikel ini aku sudah selesai ngerjain tugas dr Guru saya

  17. 771999 says:

    Maksihh..
    Artikel nya sngat pas dg yg saya cari:)

  18. sone says:

    tolong donk buat contohh nya .,.,.,.,.,. please

  19. charming booster says:

    good…. :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: