Menggenggam Cahaya

Just another WordPress.com site

7 ORGANISASI / PERUSAHAAN YANG PALING BERISIKO

on March 20, 2011

Nama : HUSNIL KHATIMAH
NIM : 13551
Subject : risk of management

7 ORGANISASI / PERUSAHAAN YANG PALING BERISIKO

1. China Airlines
Maskapai penerbangan ini sebenarnya berbasis di Taiwan, bermula sebagai perusahaan milik negara yang didirikan pada 1959. Armada ini memiliki ‘serangkaian peristiwa malang’ dengan jumlah korban yang tidak sedikit. Kecelakaan terburuk terjadi pada 2002 dalam penerbangan antara Taiwan dan Hong Kong. Pesawat jatuh ke laut, menewaskan 225 orang.
Argumen dan Alasan : china airlines merupakan perusahaan yang bergerak dibidang transportasi udara yang berisiko tinggi karena mempunyai beberapa catatan kecelakaan udara yang menyebabkan kepercayaan publik terhadap maskapai ini menurun,seharusnya dari pihak perusahaan bisa menganalisa apa yang menyebabkan terjadinya kecelakaan tersebut terutama dari segi keamanan dan keselamatan penumpang. Kondisi seperti ini memberi alasan kuat atas kecelakaan yang telah berulang kali terjadi kemungkinan besar perusahaan ini akan mengalami kebangkrutan.
2. Garuda airlines
Sebagai maskapai penerbangan nasional Indonesia, perusahaan ini merupakan sebuah maskapai penerbangan yang sahamnya bermasalah. Pada 2007, pesawat-pesawat perusahaan ini mendapatkan larangan terbang ke Uni Eropa, namun pada 2009 namanya dihapus dari daftar hitam Uni Eropa. Garuda mengalami beberapa kecelakaan dengan konsekuensi yang fatal. Yang terburuk pada 1997, ketika kebakaran hutan berdampak visibilitas, menyebabkan pesawat crash di medan pegunungan, menewaskan 234 orang.
Argumen dan Alasan : garuda airline termasuk kategori perusahaan yang berisiko tinggi karena pada november 2010 ia telah melepas saham dan berbagai masalah delay serta cancel yang sulit dimintai penjelasan. Kondisi ini akan menjadikan keloyalitas konsumen akan berkurang dan berakibat buruk bagi pemasukan perusahaan. Alasan ini bisa menjadi pemicu garuda airline mengalami kebangkrutan kelak.
3. Perusahaan farmasi Asia Pasifik
Perusahaan ini semakin mengadaptasi model bisnis mereka dari produksi obat generik ke arah yang lebih berisiko, high-return tinggi penelitian dan pengembangan, menurut laporan baru yang dikeluarkan hari ini oleh CMR International, sebuah Thomson Reuters bisnis.
Argumen dan Alasan : keputusan perusahaan tersebut akan menemukan peningkatan aktivitas uji klinis, tantangan paten, dan pengembangan molekul dalam perusahaan. Jika tidak dilaksanakan dengan hati-hati dan persiapan matang akan berakibat fatal. Tidaknya hanya berdampak pada perusahaan tetapi juga masyarakat (nyawa) . hal ini menjadi alasan kuat mengapa pada perusahaan farmasi tersebut harus menunjukkan tren yang berkembang fokus pada unit kegiatan tertentu.
4. Bank Mega Medika
Salah satu bank yang terang-terangan mengeluarkan pinjaman profesi adalah Bank Mega dengan produk Mega Medika. Dari nama yang diusung, pastinya kita sudah bisa menduga untuk profesi apa kredit ini dibentuk. Kredit ini memang dikhususkan bagi mereka yang berkecimpung di dunia kesehatan terutama dokter spesialis dan dokter gigi. Kredit ini menyasar para dokter spesialis ataupun dokter gigi yang untuk mengembangkan karier profesionalnya membutuhkan peralatan khusus yang tidak murah.
Argumen dan Alasan :
Bank mega medika termasuk kedalam bank yang berisiko tinggi karena beberapa kali tercatat kasus dimana macet pembayaran angsuran kredit. Dan hanya menyediakan khusus untuk para dokter akan memberikan saingan dari bank lain yang menyajikan pinjaman untuk semua jenis profesi atau usaha alasan seperti ini akan memicu konsumen jika suatu ketika tingkat suku bungan lebih rendah dibandingkan bank mega medika. Hal ini berakibat terjadinya kebangkrutan.
5. Bank Bumiputera
Tidak banyak kredit profesi yang ditawarkan, karena memang risikonya juga cukup besar. Bank lain yang juga mengeluarkan produk ini walaupun tidak 100% mengatakan kredit profesi adalah Bank Bumiputera. Pinjaman ini dinamakan KTA Professional atau kredit tanpa agunan profesional. Seperti namanya, produk ini memang tanpa agunan dan diperuntukkan bagi para profesional khusus yaitu dokter, akuntan dan notaris. Jadi cukup beragam profesi yang bisa menggunakan fasilitas ini
Argumen dan Alasan : bank ini berisiko tinggi karena kredit yang ditawarkan tersebut tanpa agunan sehingga tingkat bungannya lebih tinggi. Alasan tersebut untuk mengatasi keliquiditasan bank pada akhir periode. Sedikit lebih luas dari bank mega medika tapi juga lebih tinggi lagi resikonya.
6. perusahaan Jasa pengiriman uang
perusahaan resmi yang bergerak dibidang pengiriman uang akan mengembalikan uang milik masyarakat jika kesalahan pengiriman disebabkan oleh perusahaan itu.
argumen dan Alasan : perusahaan jasa pengiriman uang adalah salah satu perusahaan yang paling berisiko jika terjadi kesalahan dalam pengiriman uang akibat kekeliruan dalam penulisan nomor rekening penerima uang. Pihak perusahaan mengganti uang tersebut. Alasan ini yang mendasari perusahaan tersebut harus benar-benar teliti dalam kinerja jika tidak akan mengalami kebangkrutan.
7. dealer mobil Dealer Services Corporation (DSC)
Dealer Services Corporation (DSC) berdiri pada 2005. Kini perusahaan yang bermarkas di Carmel, Indiana, Amerika Serikat, ini merupakan perusahaan pembiayaan otomotif independen terbesar di AS.
Argumen dan Alasan : Bisnis pembiayaan yang dikelola DSC berbeda dari bisnis kredit biasanya. Di sini, setiap mobil yang dibeli dealer pelanggannya mewakili sebuah pinjaman tersendiri. Jadi, tiap pinjaman punya jangka waktunya (term) sendiri, semacam tanggal pinjaman dan semacamnya. Alasan yang mendasar mengapa DSC membutuhkan sistem manajemen yang sangat akurat dan canggih guna memonitor perkembangan bisnisnya sebab yang diamati bukan hanya kondisi finansialnya sendiri sebagai perusahaan pembiayaan, tetapi juga kondisi finansial para dealer pelanggannya. Inilah letak risikonya.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: